Selasa, 10 April 2012

LULUR ALAMI & PRAKTIS

Bahan-bahan : Siapkan 1/2 buah alpukat ukuran besar atau 1 buah alpukat ukuran kecil, 60-80 gr tepung beras, 5 ml baby oil dan air secukupnya.
Cara Membuat : Buah alpukat yang masak dihancurkan sehalus mungkin. Lalu dicampur dengan tepung beras, baby oil dan air secukupnya hingga menjadi adonan pasta yang tepat untuk dibuat scrub.
1. Lulur pembersih wajah dengan butiran scrub.
Bahan : Beras, tepung beras, temulawak, apokat, daun sirih atau binahong komposisi dan jumlah terserah anda bisa ditambah atau diganti dengan bahan lain, secara umum itulah bahan yang kami gunakan.
Cara pembuatan:
1. Rendam beras dalam beberapa menit atau bisa 1 jam sampai lunak ketika diblender.
2. Hancurkan dengan blender atau alat yang lain, temulawak, apokat, dan daun yang anda sukai (temulawak dan daun-daunan diperas ambil airnya), blender beras yang sudah direndam blender sampai halus sesuaikan dengan kebutuhan dalam butiran halus atau agak kasar.
3. Campurkan semua bahan dengan tepung beras sampai jadi adonan yang rata dan tidak lembek (kalis/akas). Bisa tambahkan parfum sesuai selera.
4. Hancurkan adonan dalam bentuk butiran kemudian panaskan di sinar matahari, namum cara ini tidak kami sarankan karena terlalu lama, gunakan 2 buah wajan yang dipanaskan diatas kompor sebaiknya kompor gas supaya tidak bau asap. Wajan paling bawah bersentuhan dengan api secara langsung, adapun wajan lapisan kedua hanya mendapatkan panas yang dihantarkan oleh wajan pertama. Sangrai bahan tadi sampai kering dan menjadi serbuk. Pengeringan dengan cara ini butuh latihan supaya hasilnya sesuai yang diinginkan karena kami juga butuh waktu untuk bisa melakukan hal ini sampai berhasil mengeringkan dengan cara ini. Jika sudah jadi simpan dalam wadah tertutup rapat dayatahan produk ini tergantung kering atau tidaknya, semakin kering dayatahannya lebih lama dan bisa digunakan sewaktu waktu. untuk hasil terbaik minum Bubuk Kedelai Hijau sari alam karena produk olahan kedelai mengandung leticin yang bisa membantu mengatasi gangguan kulit dan peremajaan kulit.
Aturan pakai : Ambil sesuai kebutuhan bubuk lulur buatan anda ini campurkan madu jika anda mau dan air hingga menjadi adonan, penambahan madu kami sarankan karena banyaknya manfaat madu untuk perawatan kulit, adapun manfaat yang langsung dirasakan, kulit terasa lebih lembut dan halus.
Balurkan keseluruh wajah anda, diamkan beberapa menit sampai agak kering kemudian gosok perlahan dengan sedikit pijatan atau tekanan dari dalam keluar (tengah wajah pijit atau tekan keluar).
Catatan : Jika anda khawatir kulit lecet dengan adanya butiran beras untuk scrub bisa ditinggalkan atau tidak perlu menggunakan scrub.
1. Lulur untuk tubuh.
Sebenarnya resep ini bukan untuk perawatan tubuh namun bisa juga digunakan untuk hal ini, karena lulur ini kami gunakan ketika badan terasa meriang atau kurang fit, hasil yang dicapai dengan lulur ini kulit terasa halus dan lembut, lebih lentur, bersih dan badan terasa ringan seperti habis dipijit karena pengaruh butiran beras yang digosokkan ketubuh menimbulkan tekanan-tekanan ringan pada meridian titik akupuntur secara menyeluruh dibagian tubuh.
Bahan : Beras, kencur, apokat atau asam jawa, daun sirih atau jenis yang lain.
Manfaat bahan : Beras berfungsi sebagai scrub yang mengikis kulit mati dan menghaluskan kulit, kencur merangsang panas, melebarkan pori-pori dan melancarkan peredaran darah.
Buah-buahan sebagai nutrisi bagi kulit dan menimbulkan efek lembut ketika digosokkan ketubuh sehingga aman dari lecet karena pengaruh gesekan butiran beras.
Daun sirih berfungsi sebagai anti biotik alami untuk kulit.
Cara pembuatan : Setelah dilakukan sortasi terhadap bahan-bahan rendam beras sampai lunak untuk diblender.
Hancurkan/blender semua bahan selain beras sampai halus baru kemudian masukkan beras dan blender lagi hingga beras hancur dengan butiran agak kasar. Tambahkan madu untuk hasil yang baik.
Aturan pakai : Balurkan merata keseluruh tubuh mulailah dengan yang kanan. Bagian depan tubuh dimulai dari bawah menyesuaikan aliran darah, dari kaki naik kedada terus kearah tangan keluar.
Bagian belakang tubuh dimulai dari ujung tangan bagian belakang masuk kepunggung lalu turun kekaki.
Lakukan pijatan ringan pada telapak tangan dan kaki dimana pada area tersebut memiliki titik pijat yang berhubungan dengan organ dalam. Dibelakang tubuh terdapat disisi sepanjang tulang belakang.
Gosok berulang ulang, setelah dianggap cukup bilas dengan air hangat sampai bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar